Tips Memilih pisau yang baik

Pisau yangbaik, tidak memerlukan biaya yang besar. Sekarang sudah banyak bermacam-macam pisau  yang dijual banyak tempat. Biasanya peganggan pisau dari bahan kayu atau plastik, apabila dengan plastik pisau dapat bertahan lama. untuk memilih pisau selain ketajamannya, pegangan pisau juga harus menjadi perhatian, pastikan peganggan pisau yang Anda pilih nyaman untuk digunakan. tips memilih pisau dapur :

1. Bahan
Pilih bahannya dari stainless steel dengan paduan anti karat. Warna stainless steel berkilau lembut, dan tidak begitu berkilau hal ini menandakan bahannya mudah berkarat.

2. Peganggan pisau
Pilih penggangan pisau yang nyaman buat anda pakai, anda bisa memilih dari bahan kayu karena tidak mudah lepas walaupun tangan dalam keadaan basah. Kalaupun bukan berbahan kayu pilih dari bahan tekstur yang tidak licin.

3. Kelurusan.
Teliti lurus tidaknya bilah pisau. Pisau yang bagus hasil potongannya lurus sesuai arah tekanan. Pisau yang jelek hasilnya miring. Cara melihat: Pegang pisau dengan posisi ujungnya lurus ke depan, intip tepat dari belakang gagang pisau. Kalo ujung pisau tidak terlihat maka pisau bener2 lurus, tapi kalo ujungnya atau bahkan bodinya terlihat, hasil potongannya akan miring.

4. Ujung Pisau Chopper/Sayuran.
Pilih yang model ujungnya runcing & mata pisaunya sedikit melekuk keatas, nyaman dipake saat chopping sayuran/bawang. Choppingnya dilakukan dengan mengayunkan pisau naik turun bertumpu pada lekukan tersebut, atau mengiris pake ujung pisau sambil ditekan di talenan & digeser kebelakang, hasilnya lebih cepat & rapi dengan ketebalan yang nyaris seragam. Pilih pisau yang cukup lebar & tebal, karena bisa digunakan untuk memipihkan bawang.

Cara Merawat Pisau
1. Diasah
Sebagus apapun pisau jikla tidak dirawat akan cepat rusak, Pisau daging lebih cepat tumpul daripada pisau sayur/buah. Kalau setiap hari dipakai dengan volume tinggi, pisau daging perlu diasah tiap 2-3 hari sekali sementara pisau sayur/buah cukup 2-3 minggu sekali. Untuk mengasah bisa dengan batu asah atau dengan besi baja.

2. Menyimpan Pisau.
Kalau pisau tidak dipakai dalam jangka waktu lama, setelah diasah & dicuci bersih harus dilap sampai kering trus diolesin minyak goreng tipis. Serap kelebihan minyak dengan tissue atau lap. Bungkus rapat bilah pisau dengan papertowel, simpan di tempat aman.
Untuk penyimpanan sehari-hari cukup dicuci bersih dengan air sabun setiap selesai dipakai dan segera keringkan dengan lap.

About My Beautiful Kitchen

aku orangnya simple, agak pendiam kalau sama orang yag baru dikenal tapi kalau sudah kenal ya agak cerewetlah,,,

Posted on Juni 13, 2012, in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: