Dapur Cantik Idaman Setiap Ibu

Dapur yang cantik dan bersih sudah pasti idaman setiap wanita, karena dari dapur yang terawat mencerminkan betapa telaten pemilik dapur dalam menjaga kebersihan alat-alat dapurnya. Untuk menghasilakan suatu masakan yang sehat selain dari bahan yang dimasak, alat juga sangat berpengaruh pada tingkat kesehatan  masakan yang Anda buat. Jika anda menggunakan peralatan yang kotor maka masakan anda juga akan menjadi tidak sehat lagi. Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga dapur Anda agar tetap cantik dan bersih, sehingga Anda bisa menghidangkan masakanan sehat untuk keluarga tercinta.

Tips merawat peralatan dapur Anda agar tetap awet, bersih dan sehat :

  1. Cuci wajan dan panci dengan air sabun, gosok perlahan dengan menggunakan busa yang lembut. Lakukan setelah wajan dan panci dipakai dalam keadaan dingin setelah dipakai. Jika habis menggunakan penggorengan atau panci, jangan langsung menyiramnya dengan air dingin. Hal ini akan mempengaruhi elemen dari panci
  2. Agar lapisan teflonnya tidak rusak, jangan sekali-kali mencucinya dengan abu gosok atau sikat yang kasar.
  3. Apabila kita menggunakan wajan berbahan teflon, pilih spatula dari kayu atau plastik untuk menghindari luka gores pada wajan.
  4. Piranti masak dengan lapisan teplon mudah menyebarkan panas secara merata, karena itu gunakan teflon dengan api kecil atau api sedang. Dengan menggunakan api sedang membuat peralatan masak ini lebih tahan lama dan hemat bahan bakar.
  5. Wajan berbahan teflon memiliki harga yang mahal, pasti Anda tidak mau kalau sampai rusak. Untuk merawat bagian bawahnya, coba oleskan dengan krim pembersih sebelum menggunakannya.
  6.  Sebaiknya gunakan talenan yang terbuat dari kayu daripada yang plastik. Mengapa? Karena bakteri yang menempel pada talenan kayu akan mati setelah didiamkan selama beberapa menit, berbeda dengan yang plastik, bakteri akan tertinggal dan berkembang biak kalau kita diamkan semalaman.
  7. Jika  panci yang kita gunakan terbuat dari alumunium dan terdapat bekas makanan yang mengerak, coba hilangkan dengan cara : potong bawang bombay menjadi dua bagian, letakkan dalam wajan, tambahkan sedikit air, dan diamkan sampai kerak terangkat dengan sendirinya.
  8. Untuk menghilangkan lemak atau noda pada panci, coba rendam panci dalam air yang sudah diberi beberapa sendok baking soda.
  9. Jika menginginkan wajannya tetap awet, ketika menyimpan coba lapisi panci yang satu dengan yang lainnya dengan serbet kertas atau bubble plastic untuk menghindari gesekan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: